Tonggak Pencapaian

KAMPANYE SENI BUDAYA TANGGUH

Para muda kreatif di Indonesia, terutama para penampil dan seniman, turut serta dalam kampanye global UNESCO bertajuk ResiliArt atau Seni Budaya Tangguh. Kampanye ini bertujuan untuk menyatukan suara para seniman dan penampil di seluruh dunia agar dapat mendorong para pengambil keputusan dalam menjaga semangat para penggiat seni dan budaya selama masa pandemi ini. Ada 37 partisipan dari Yogyakarta, Jakarta, kawasan Danau Toba, Prambanan, Borobudur, dan Bali yang mengikuti kampanya ini dan membuat video-video menarik mengenai kegiatan mereka. Lebih dari itu, video ini pun menjadi alat dalam mempromosikan hasil karya mereka.

https://linktr.ee/kitamudakreatif

KAMPANYE PAKAI MASKER KAIN TRADISIONAL

Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan dengan adanya pandemic COVID-19. Sebagai jawaban atas kampanye global memakai masker untuk mencegah penyebaran virus korona, Kampanye Pakai Masker Kain Tradisional diluncurkan di bulan Agustus 2020 untuk mempromosikan pemakaian masker yang terbuat dari kain tradisional, seperti batik, tenun, dan ulos. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu para muda kreatif untuk tetap dapat berkarya dan mendapat penghasilan selama pandemi berlangsung. Kampanye ini disiarkan langsung melalui kanal Youtube dan dalam hitungan hari telah ditonton oleh lebih dari 2,600 orang.

HARI BATIK

Setiap tahunnya, Indonesia merayakan Hari Batik pada tanggal 2 Oktober yang menandai masuknya teknik membatik ke dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO. Kita Muda Kreatif turut merayakan Hari Batik sejak tahun 2018 bersama dengan para muda kreatif melalui bermacam program kampanye dan aktivitas. Para dampingan dapat mempromosikan produk batik hasil interpretasi mereka dalam perayaan ini.

BRANDING BAHAGIA

Sebagai dukungan bagi aspek jenama usaha para muda kreatif, kegiatan Branding Bahagia dibentuk pada tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi antara para muda kreatif dampingan program, mahasiswa desain grafis, dan juga perusahaan jasa branding profesional sebagai mentor. Melalui kolaborasi yang dinamis ini, para mahasiswa mendapatkan pengalaman berhadapan langsung dengan klien, sementara para muda kreatif dampingan mendapatkan jenama baru atau pemutakhiran jenama bagi produk dan jasa mereka.

YOUNG ENTREPRENEURS GATHERING

Keragaman kreasi dan karya budaya para muda kreatif di Kotatua dirayakan di tahun 2019 melalui acara Young Entrepreneurs Gathering dengan konsep pasar kreatif. Acara ini menghadirkan para muda kreatif dari Yogyakarta, Borobudur, dan kawasan Danau Toba. Gedung ikonik Museum Bank Indonesia menjadi tuan rumah acara. Yang luar biasa, selama 3 hari acara berlangsung ada lebih dari 2500 orang yang mengunjungi.

BOOT CAMP

Untuk memulai program Kita Muda Kreatif bersama dengan para muda kreatif dampingan, UNESCO menggelar acara boot camp di masing-masing situs untuk memberikan pengenalan mengenai dasar pengembangan usaha dan literasi keuangan. Boot camp di Yogyakarta dan Jawa Tengah diikuti oleh sedikitnya 200 muda kreatif di awal tahun 2019. Boot camp bagi para muda kreatif di kawasan Danau Toba diikuti oleh 100 peserta di tahun yang sama. Sebanyak 100 muda kreatif di Kotatua Jakarta mendapatkan kesempatan yang sama di tahun 2020.

YOUTH CREATIVE COMPETITION YOGYAKARTA

Untuk melihat hasil pencapaian belajar para muda kreatif dampingan program Kita Muda Kreatif di Yogyakarta, UNESCO menyelenggarakan Youth Creative Competition pada tahun 2018. Kompetisi ini diikuti oleh 125 peserta yang sebelumnya sudah mengikuti pelatihan pengembangan bisnis. Ada 20 peserta yang kemudian dipilih untuk mempresentasikan rencana usahanya di depan para dewan juri yang merupakan para pelaku bisnis. Sepuluh pemenang terpilih berdasarkan kualitas dan orisinalitas produk, potensi pasar, dan potensi dampak sosial masyarakat mendapatkan dukungan pengembangan usaha lanjutan oleh para pelaku bisnis nasional dalam mengevaluasi rantai pasok mereka, termasuk produksi, pemasaran, penjualan, pengelolaan, dan akses pasar.